Konsep pemakaman san diego hills yang begitu indah dan teratur, tidak terlepas dari model atau bentuk dari pada batu nisan yang disuguhkan.

Minimalis dan modern , itulah ciri utama dari konsep taman pemakaman yang diserasikan dengan deretan batu nisan yang seragam.

Sampai saat ini manajemen pemakaman san diego hills memorial park tidak memperbolehkan membangun bongpay besar, yang masih kental dengan tradisi China kuno. Atau sering di istilahkan dengan bangunan punduk kura – kura.

contoh makam tradisional china

Besarnya contoh bangunan bong pi diatas , selain memakan biaya yang cukup besar juga dilihat dari segi perawatan akan terasa lebih rumit. Akan berbeda dengan konsep bongpay Jepang yang lebih sederhana.

2 Jenis Batu Nisan Granit / Bongpay Untuk Pemakaman San Diego Hills

Ya, batu untuk nisan yang digunakan adalah batu granit. Banyak orang yang sudah tahu, batu granit ini merupakan salah satu batu yang mempunyai tekstur keras dan kuat.

Oleh karenanya banyak digunakan untuk keperluan bangunan konstruksi. Khususnya batu nisan yang sifatnya atau peletakannya diluar ruang, maka ini sangat cocok sekali.

Batu granit ini ada beragam jenis dan warna tentunya. Untuk yang digunakan sebagai batu nisan di pemakaman san diego hills karawang ini hanya 2 jenis.

Yaitu pertama jenis hitam pekat atau nero assoluto dan hitam dengan bintik emas yang di istilahkan sebagai jenis batu granit black galaxy.

Nero Assoluto

Jenis batu granit ini hadir dengan ciri – ciri memiliki warna hitam pekat. Tapi pada dasarnya ketika kita teliti lebih dekat, maka akan terlihat titik – titik berwarna abu yang sedikit samar.

Nah ini akan sangat cocok dengan perpaduan grafir tulisan yang berwarna perak. Batuan jenis ini dengan seiring waktu warna hitamnya akan memudar dan terlihat lebih ke arah warna abu yang lebih mencolok.

contoh batu nero assoluto

Black Galaxy

Sementara batu granit jenis kedua yang digunakan untuk batu nisan atau bong pi adalah black galaxy. Untuk jenis ini lebih banyak yang dipilih oleh keluarga.

Dasar warna yang ditampilkan masih sama , sesuai dengan namanya yaitu warna hitam. Bedanya, untuk black galaxy ini memiliki bintik berwarna emas yang akan semakin terlihat jelas apabila terkena sinar matahari.

Dari segi ketahanan warnanyapun batuan jenis ini lebih stabil. Akan sangat serasi sekali dipadukan dengan grafir tulisan yang berwarna emas.

contoh batu black galaxy

Design Batu Nisan Beserta Peletakannya

Bentuk dari batu nisan yang ada di sandiegohills pada dasarnya hanya berbentuk segi empat dengan ukuran standar , medium , dan besar.

Nisan Standar

Ukuran standar memiliki lebar 30 cm dan panjang 60 cm. Sebagai informasi bahwa batu nisan ukuran standar ini sudah termasuk kedalam semua paket biaya pemakaman.

Nisan Medium

Kemudian ada ukuran medium dengan lebar 40 cm dan panjang 60 cm. Ukuran ini adalah ukuran minimal yang wajib diambil apabila ada 2 nama almarhum pada satu batu nisan. Biasanya ini terkait dengan  pemindahan kerangka yang dimakamkan dalam 1 lubang makam.

Nisan Besar

Ketiga adalah nisan ukuran besar ( large ) yang memiliki ukuran lebar 50 cm dan panjang 70 cm. Untuk semua ukuran batu nisan akan disesuaikan dengan tipe lahan makam yang telah digunakan. Dari semua ukuran batu granit diatas, memiliki ketebalan 6 cm.

nisan tidur rata tanah

Nisan Berdiri / Bongpay

Sementara untuk bentuk batu nisan berdiri atau bongpay , memiliki ukuran dan design yang cukup beragam. Batu nisan bong pi otomatis akan lebih tinggi harganya, karena akan lebih tebal serta harus dilengkapi dudukan supaya bisa berdiri tegak.

nisan bong pi berdiri

Baca Juga : Cluster Emerald Dengan Batu Nisan Berdiri 

Cara Pemilihan Batu Nisan Setelah Pemakaman di San Diego Hills

Apabila setelah selesai pemakaman, maka keluarga akan diarahkan untuk langsung melakukan pemilihan batu nisan atau nanti saat ziarah kembali. Bahkan untuk saat ini bisa dilakukan secara online melalui email atau Whatsapp dengan petugas yang bersangkutan.

pemilihan batu nisan

Berikut ini tahapan yang akan di pandu oleh salah satu petugas pemilihan batu nisan :

  1. Petugas akan mencocokan data pemakaman lengkap sampai ke tipe lahan makam yang digunakan
  2. Memilih jenis batu granit yang akan dipakai. Antara Nero Assoluto atau Black Galaxy
  3. Menentukan bentuk batu nisan, antara standar atau nisan bongpay . Hal ini akan disesuaikan dengan tipe lahan makam yang digunakan beserta clusternya.
  4. Memastikan adanya penambahan ukuran batu granit, atau foto almarhum.
  5. Memilih design , tulisan ayat, serta border yang sesuai dengan tema di Agama masing – masing. Beserta warna tulisannya
  6. Memilih nama silsilah keluarga yang akan dicantumkan
  7. Setelah semua sesuai, maka petugas akan membuat design yang telah dipilih. Hingga dalam waktu 1 minggu akan dikirimkan untuk di cek jika ada revisi oleh keluarga.
  8. Setelah ada persetujuan dan pelunasan untuk tambahan diluar standar dari keluarga, maka batu nisan permanen akan di buat selama kurang lebih 2 bulan.
  9. Kemudian setelah pembuatan batu nisan permanen selesai, pihak keluarga akan mendapat kabar dari petugas. Hingga mendapatkan perizinan peletakan batu nisan yang disepakati.

Penambahan diluar standar, atau yang memang harus ada ekstra bayar adalah berupa upgrade ukuran batu nisan, foto almarhum dari bahan keramik, huruf kanji , serta pengajuan design sendiri.

Itulah pembahasan mengenai batu nisan yang ada di Pemakaman San Diego Hills. Konsep taman makam yang di sesuaikan dengan bentuk batu nisan yang minimalis.

Untuk informasi lebih jelas dan akurat, silahkan langsung hubungi Anggi dalam 24 Jam.

Baca Juga : Harga Pemakaman San Diego Hills